Social Icons

SALJU SHOP

Rabu, 13 November 2013

Museum Nyamuk Menyajikan Dunia Nyamuk

NYAMUK, hewan kecil yang sering kita temui ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi jutaan manusia di dunia. Nyamuk merupakan hewan golongan serangga ini ternyata berdampak luas bagi kehidupan manusia baik secara negatif maupun positif.

Sebagai contoh, sekitar 110 juta penduduk beresiko tertular Malaria. Artinya angka pesakitan manusia Indonesia sekitar tiga juta pertahun. Di sisi lain, ribuan pekerja buruh pabrik yang bekerja pada industri insektisida atau obat antinyamuk bergantung pada besarnya kebutuhan manusia akan obat antinyamuk di sebuah negara.

Teater Nyamuk merupakan ikon wisata ilmiah sebagai kegiatan yang mengintegrasikan pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bidang kesehatan dengan kegiatan pariwisata. Museum Nyamuk ini merupakan wisata yang menyajikan seputar seluk beluk dunia nyamuk.

Gedung Museum & Teater Nyamuk Pangandaran

"Keberadaan Teater Nyamuk ini adalah upaya pendekatan kepada masyarakat untuk mempermudah terhadap akses hasil Litbangkes agar penelitian ini berhasil guna dan berdaya guna," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI Agus Purwandianto.

Hal ini disampaikan dalam acara peresmian Gedung Teater Nyamuk di Jl Raya Pangandaran KM 3 Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (19/8/2009).

Sebagai pendukung wisata ilmiah, gedung berkonsep minimalis dengan nuansa perpaduan hijau, merah dan oranye ini dilengkapi fasilitas sesuai kegiatan yang dilakukan di gedung tersebut. Fasilitas itu terdiri dari gedung sinema berukuran 9x8 meter dengan kapasitas 120 orang, ruang multimedia yang berfungsi untuk proses editing dan dubbing, pusat pelayanan yang berfungsi sebagai tempat pelayanan informasi, penjualan tiket serta penjualan souvenir dan museum sebagai tempat penyimpanan koleksi dan dokumen.

Museum nyamuk pertama di Indonesia ini dihiasi replika nyamuk ukuran besar pada dinding utamanya. Ada enam Genus (tingkatan) koleksi nyamuk yang dimiliki museum ini, yaitu, Aedes, Culex, Anopheles, Mansonia, Armigeres dan Toxor. Masing-masing genus terdiri dari spesimen, stadium telur, larva, pupa dan nyamuk.

Sementara Kepala Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Ciamis, Sugianto mengatakan alasan pembangunan Teater Nyamuk dikawasan wisata Pantai Pangandaran sebagai wisata ilmiah aternatif dari wisata-wisata yang sudah ada disekitarnya. Teater Nyamuk memang direncanakan akan dikomersialisasikan namun tidak ditunjukan untuk mengambil keuntungan. "Keberadaan di sini cukup strategis untuk mendorong geliat pariwisata di daerah ini. Kedepan memang akan dikomersialisaikan, namun tidak profit motif," kata Sugianto. [Arda Dinata]***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SLIMMING SERIES

Dapat uang melalui internet